Thursday, January 11, 2018

12 ide usaha saat pensiun buat saya

Sebagai seorang karyawan perusahaan swasta. Saat memutuskan untuk berhenti kerja atau saat pensiun dini, kami tidak akan mendapatkan uang pensiun per bulan seperti kawan-kawan di pegawai negeri sipil. Dapet sih dari bpjs, uang jaminan hari tua tapi ya gitu deh kalo ga bisa mengatur dengan bijak bersiaplah untuk kere. Jadi salah satu cara klasik untuk mempersiapkan masa tua nanti adalah dengan rajin menabung dan berinvestasi.
Nah, karena saya dan suami sering berdiskusi masalah ini. Jadi inilah beberapa ide dan rencana yang ingin kami lakukan saat pensiun sebagai karyawan. Mungkin agak nyeleneh dari pekerjaan kami sekarang, karena disesuaikan dengan hobi yang sering tertunda dan tertibun kerjaan kantor. 

1. Jadi Petani

petani magang lagi panen cabe rawit


Menurutku sih ini adalah akibat dari doktrin yang udah terpatri dari kecil. Kok bisa?
Ingat ga waktu masih SD unyu-unyu, saat pelajaran menggambar. Satu kelas kompakan menggambar 2 gunung lalu di bawah kaki gunung tuh ada sawah terhampar lengkap dengan padi Yang digambarkan dengan huruf v. Lalu, di majalah Bobo yang populer saat itu. Sering banget ada cerita berlibur di rumah nenek, bermain di sawah dan mandi di sungai. Oche kecil yang saat itu ikut ortu merantau ke Kupang,NTT notabene adalah Kota besar selalu membayangkan jika nanti liburan di rumah nenek di Jawa bisa bermain di sawah. Pada kenyataannya mbahkung dan mbah uti bukanlah Petani. Buyar deh bayangan Naik kerbau dan mandi di sungai hahahaha... Hiks...
Mengadu lah oche kecil ke papanya. Pa...aku pengen punya sawah ama Kuda. Kerbau udah berubah jadi Kuda karena lagi suka film bonanza (busyet dah..bisa ketahuan nih umur)
Setelah beberapa dekade berlalu dan papa pun pensiun, diwujudkanlah permintaan anak tersayangnya   
memantau kebun kopi di atas bukit

Ya.... Papaku membeli beberapa tanah untuk berkebun dan bertani.
Tapi menjadi Petani tidak semudah membalik telapak tangan. Harus banyak belajar dan sabar khususnya saat berhadapan dengan cuaca dan hama. Saya seringkali berdebat dengan papa masalah penanganan di lapangan. Biasalah ya..Papa dengan Cara lama dan saya yang sok ngerti teori dibisikin ama mbah Google. Adekku akhirnya bilang, Lu balik aja kesini Mbak bantuin papa.
Upsss.. bener juga ya, Kalo mo nerapin cara bertani modern harus total dan full-time. Ok deh... jadi Petani Kita nanti. Mulai cari kelompencapir ah... masih ada ga?

gambar klasik

2. Jadi juragan kosan/kontrakan

Rencana yang ini adalah ide suami, karena beliau anak Kota alias Surabaya. Dimana banyak banget perguruan tinggi yang tersebar disana dan saya adalah salah satu mantan anak Kos di daerah gebang sukolilo. Jadi kami mengerti banget pentingnya tempat kost untuk mahasiswa/i perantauan. Masalahnya... Harga properti di daerah kampus udah gila-gilaan. Setelah menulis ini mungkin ada tuan tanah yang mau menghibahkan tanahnya buat kami mewujudkan cita-cita jadi juragan kost.
Melihat beberapa selebritis yang bergaya hidup glamor dan seringkali saat diwawancara mereka mengaku bahwa sumber penghasilan terbesar mereka adalah dari bisnis properti dan kos-kosan. Jadi tambah yakin banget untuk memasukkan impian ini ke dalam daftar.

3. Jadi juragan toko kue, coklat n es krim

Berawal dari hobi ngemil. Waktu tinggal di lumut,Malaysia dulu kami sering banget nongkrong di secret recipe cuma buat ngemil cake coklat mereka ya ummm .. yummy banget. Sempat tinggal di Batam dan singapura yang koleksi coklatnya gilaaa..banyak banget. Belum lagi waktu merantau di Labuan, Malaysia daerah free duty dan harga coklatnya murah gilaaa. Berakhirlah kami dari pasangan doyan coklat menjadi gila coklat .

Meskipun praktek memasakku lebih sering gagal. Percaya dengan slogan jam terbang akan membuatmu ahli. Kegagalan adalah kesempatan untuk mencoba lagi hehehe..
Sempat terpikir untuk membuka restoran aja tapi hasil dari #galleymungil masih sering gagal dan bikin frustasi. Putar haluan lah mau belajar bikin cemilan penutup dan es krim aja. Bukankah makanan manis bisa membuat orang bahagia.

4. Jadi juragan galeri, butik

Yang udah kenal lama dengan saya pasti sering melihat saya pamer hasil #buataneoche (langsung meluncur update hastag)
souvenir yang pernah nimbrung di acara launching buku

Banyak yang pengen pesan tapi lebih banyak yang minta gratisan .. *keluh
Masalahnya saya masih tergantung ama mood atau suasana hati. Dalam beberapa kasus banyak prakarya yang terselesaikan dalam waktu yang sangat panjang karena terbengkalai. Bisa karena kehabisan material, bisa karena ada pekerjaan yang lebih mendesak dan akhirnya lupa melanjutkan. Dengan memasukkan rencana ini ke dalam daftar, saya berharap bisa lebih termotivasi lagi untuk serius berkarya.

gelang manik dari #buataneoche
5. Jadi istri dosen

Kenapa jadi istri dosen kok bukan jadi dosen aja?
Karena saya lagi menyemangati suami untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Bukan sekedar modus untuk dicangking tapi saya melihat bahwa suami saya nih mempunyai bakat untuk menjadi seorang dosen. Bukan sekedar dosen tapi seorang dosen killer hebat yang sangat berkualitas. Seperti yang kita tahu bahwa dibelakang mahasiswa yang sukses ada dosen killer yang membimbing. 

Tapi serius deh, suamiku nih waktu kuliah dulu udah nyambi kerja jadi guru les. Murid-muridnya banyak yang sukses menembus perguruan tinggi negeri. Seringkali saat mudik atau lagi berlibur ke suatu daerah, kami ketemuan dengan muridnya. Ikut bangga juga 
Saat di Kantor pun aku sering memperhatikan saat dia mengajari anak baru yang latar belakang sekolahnya bukan dari sistem perkapalan. Tanpa arogan memandang almamater, dia ngajari dari nol hingga mereka paham dengan cara kerja sistem di kapal. Sebagai istri yang dituntut pintar membaca peluang, ini rencana yang cocok untuk suami agar ga bosan saat udah pensiun menjadi karyawan.
Yang paling penting lagi, menjadi pengajar/guru/dosen itu kan pahalanya sepanjang masa..... Dan ikutan libur juga saat murid/mahasiswa libur. Tetap aja ada modus tersembunyi untuk travelling  hehehe..

6. Jadi Freelance Illustrator
coretan zaman muda dulu

Awalnya pindah ke batam karena tertarik untuk belajar sketching menggambar sketsa. Meskipun akhirnya jadi terlupakan Karena sok sibuk bekerja. Bila nanti jadi berhenti kerja kantoran, rencananya bakal membongkar semua peralatan melukis. Ceritanya mau menjadi seniman... Eaaaa...

7. Jadi Peternak

Ini rencana yang agak susah sih. Karena kami doyan makan bebek goreng, daging sapi, ikan nila, udang, dan makanan hewani lainnya. Jadi kepikiran. . . Daripada beli kan lebih punya peternakan aja. siapa tau seiring waktu berjalan  bisa dapet kenalan Peternak sukses yang baik hati dan dengan sukarela berbagi tips untuk sukses di bidang ini. Who knows, right?

8. Jadi juragan tour n travel

Yang ini udah jelas karena suka jalan tapi suka sebel pas kehabisan tiket promo. Maklum deh masih turis kere[N]. Saat ini udah jadi agen salah satu usaha travel, jadi monggo yang lagi pengen beli tiket pesawat, kereta ataupun hotel bahkan umroh dan paket tur ke luar negeri. Boleh menghubungi saya, dijamin cincai lah.
semakin sering kalian menggunakan jasa travel kami maka kalian adalah orang yang telah berjasa membantu mewujudkan impian kami  dan kami tidak akan melupakanmu..*eh..
Eaaaa... Tapi ini serius lho. Ingat liburan, ingat oche ya

9. Jadi juragan toserba

Kenapa toserba? Dari beberapa usaha yang ada pasti butuh wadah untuk memasarkan. Nah, disinilah semuanya akan berkumpul  awalnya toserba namun jangka panjangnya bakal jadi super Mal. Ih, kebangetan deh rencananya. Lha, kan ga mungkin bikin rencana cuma seupil doang. Sekalian dong yang gede pisan biar semangat. semangat cari investor hahaha..
10. Zombie house flipping

Seperti judul acara TV ya? Emang iya
Ini salah satu acara favorit berdua dan cukup menginspirasi juga. Yang belum tau ini acara apaan bisa nanya ke mbah Google. Intinya sih make over rumah yang terbengkalai. Rencananya mau ngegandeng Adek yang anak sipil buat jadi kontraktornya. Alasan lainnya karena di masa depan bisnis properti tidak terkena dampak langsung dari harga minyak dunia seperti offshore & marine industries saat ini.

11. Belum kepikiran lagi..barangkali aja kalian punya ide lain untuk pensiun nanti. Ga usah sungkan untuk nambahin di kolom komen ya...

12.Jadi Turis Keren

iya, ini jadi rencana terakhir saat pensiun. Bergandengan tangan mengejar pesawat, shinkansen, kapal, jet, becak, dokar, tuk tuk, bajaj, Kuda, tukang bakso, tahu tek, .....
Ehm..ga perlu dibayangin deh.

11 comments:

ricuh wicaksono said...

11.dadi pengepul kopi n coklat mengko aku sing tuku.. Aku khan gawe warung kopi..

Sarahjalan_ said...

semoga 50persen dari 10 itu bisa terwujud ya mbak... kalo pun semua terwujud alhamdulillah ya..yg ke 11 mana tau jadi guru private utk les anak sd..hehe

Oke Vienansyah said...

papaku petani kopi, ayok tak suplai. njaluk kopi opo?

Oke Vienansyah said...

doain ya kak, 3 nomer lagi merintis semoga yang lain bisa segera menyusul sebelum saya pensiun jadi karyawan

wenny said...

banyak ya kak yang mau dikerjain pas pensiun..

Oke Vienansyah said...

Akhirnya cuma nomer 12 aja yang dilakuin pas pensiun hehehe

danan wahyu said...

aku sih berandai andai kalau sudah tua ngurusin sawah orang tua sambil jadi penulis. tiap hari ke sawah lalu duduk di balai2 di sawah lalu mencari inspirasi dan menulis wkakakkakak jauh banget ya

Oke Vienansyah said...

Kebanyakan teman disini juga Kalo ditanyain. Kebanyakan berencana pulang kampung buat mengurus kebun orang tua dan menikmati masa tua di tempat yang tenang, sejuk jauh dari keramaian. Udah bosen dengan macet 😀

Oke Vienansyah said...

Ga pengen nyobain nulis sambil naek kebo yang lagi berkubang?

Dian Fernanda said...

Ide2 menarik mbak buat persiapan pensiun, semoga terwujut

Putri Pamelia said...

Noted di otak semoga ga lupa 😂😂😂