Tuesday, May 5, 2009

sekolahku sayang.....jauh di mata dekat di hati



dapat PR dari si dian buat cerita sekolahku mulai dari tk ampe sekarang...
nah begini ceritanya....zaman dahulu kala saat oke kecil sudah mulai lancar berjalan dan bicara.....dan selalu pengen tau akan banyak hal....denga dukungan dari orang tua tersayang maka dimulailah petualangan edukasinya dimulai dari :
TK BHAYANGKARI, KALISAT-JEMBER-JAWA TIMUR
aku gak tau ini termasuk sekolah atau gak...sebab menurut cerita saat itu aku cuma jadi anak bawang aja. ngikut tetangga yang guru Tk setiap pagi ke sekolah. tapi karena juga ikutan belajar nyanyi dan gambar jadi aku masukin juga disini  cuma bentar aja disini..mungkin karena bosen dan mulai sibuk bermain ama adek yang dah bisa diajak maen bareng

TK PERTIWI, DOMPU- NUSA TENGGARA BARAT
Nah disini aku 100% jadi murid sah TK hehehe......tapi, mungkin karena udah pernah ngerasain belajar di TK..dah  bosen duluan. sekolah cuma setahun aja tapi jarang masuk sering bolos hehehe...masuknya klo lagi ada acara jalan-jalan aja.
sepertinya hobi bolos dan jalan-jalanku emang udah terasah dari kecil hehehe...

SDN 01 DOMPU NUSA TENGGARA BARAT
udah bosen di TK trus minta masuk SD ini padahal umurku belum genap 7 tahun jadi masuknya pake di tes...masih inget nih, disuruh nyanyi,nulis,baca, nyebutin nama orang tua...gambar juga.....dan akhirnya lulus..
meskipun sering bolos di TK tapi pasokan buku dan belajar di rumah tetap jalan donk.
disini aku suka pelajaran berhitung dan menggambar 
di SD ini aku cuma belajar selama tiga setengah tahun aja sampe kelas 4 SD masuk ke cawu 2 karena harus mengikuti orang tua mutasi ke daerah laen...

SDN NAEKOTEN I, OEPURA-KUPANG SELATAN-NUSA TENGGARA TIMUR
dari Dompu pindah kesini nih....lebih ke timurnya Indonesia...Kupang..ibukotanya NTT. masuk ke kelas 4A dapet wali kelas namanya Ibu Gole....orang keren tapi galak abis n disiplin poll..
pelajaran favorit tetep matematika dan Geografi. pernah nih diajak studi tur ke museum di daerah walikota...wahh...jadi suka ama yang namanya museum dan sempat punya cita-cita jadi arkeolog hehehe....anakkecil gampang banget punya cita-cita ya :)
jadi anak baru jadi bener2 diamati nih ama guru dan teman2...apalagi dari luar pulau pula.tapi cuek2 aja sih...gak ngejar ranking tapi ngejar danem ..lho ?? kan yang penting hasil akhirnya. dan alhamdulillah meskipun nyantai bisa lulus dengan danem yang memuaskan dan menyalip teman-teman peringkat kelas diatasku.
SMPN I KUPANG,NTT
katanya sih ini sekolah favorit tapi suwer waktu itu aku gak mikirin itu cuma karena suka aja ama gedungnya yang gedhe ....hehehe....dan lolos donk.
duduk dikelas 1c, dapet temen baru lagi dari Sd-Sd laen....cieehhhh.... klo pada kenalan lucu pada ngeliat nama fam [keluarga] nya jadi tetap seperti waktu di SD namaku jadi nona Vienansyah. keren ya? hehehehe... ternyata emang disini nama keluarga tuh berpengaruh banget. klo dari cerita mereka sih bisa bikin keder...tapi yah..cuek aja deh :)
lagi-lagi kedisiplinan ditekankan disini. bayangin aja...seragam dan sepatu ada peraturannya juga, harus seragam dan ada apel sore [aku masuk sore]. karena disini mayoritas siswanya non muslim jadi di hari minggu aku juga ada kelas tambahan untuk pelajaran agama islam..gurunya aku suka karena sabar namanya Pak Tana Karo [salah gak ya namanya]
jaman SMP nih jadi sering jalan ke pantai...disini kan pantainya bagus ... apalagi klo lagi sunset.
sering nyobain bemo-bemo yang ada...pengen tau aja lewat mana dan berhenti dimana.....eeh...jadi keterusan ampe sekarang.
pelajaran favoritku math n bahasa inggris, karena kupang dekat banget ama australia..guru bahasa inggrisku Pak robert jadi mengajarkan kita secara langsung ngobrol dengan teman sebaya dalam bahasa inggris dan gak tanggung-tanggung, beliau mengundang temannya yang juga juga guru di bahasa inggris untuk berkunjung ke kupang beserta beberapa muridnya..gak mungkin juga kita yang maen ke australia  nah karena itu jadi pada semangat belajar bahasa inggris...dan bahasa inggris pun masuk sebagai pelajaran favoritku ampe sekarang.
sekolah disini cuma satu setengah tahun aja karena harus pindah lagi. hanya sampai aku duduk di kelas 2c, hampir masuk cawu 2.
SLTPN 1 KALISAT JEMBER JAWA TIMUR
balik lagi nih ke kampung halaman ... seneng apa sedih ya?? susah diungkapin saat itu karena udah terbiasa dengan teman-teman di kupang yang cuek tapi perhatian...balik ke sini dengan kebiasaan yang agak berbeda.
dimasukin ke sekolah yang dekat rumah...mulai mendapat kesulitan bahasa. disini ada 2 bahasa daerah yang dipake, jawa dan madura...haduh..padahal aku masih berbicara dengan logat kupang..sering diketawain ama sepupuku...padahal bahasaku keren lho mereka saja yang gak ngerti.
akhirnya mencoba untuk belajar mengerti kedua bahasa itu tapi untuk nilai di sekolah aku ngambil kelas bahasa jawa. katanya sih lebih gampang dari bahasa madura. dan aku jadi asyik belajar aksara hanacaraka tapi gak menguasai krama inggil...maklum hobinya gambar sih.
lagi-lagi jadi anak baru seringnya dites ama guru dan teman. tapi karena kurikulum di kupang lebih cepat daripada disini jadi aku gak ketinggalan dan malah bisa masuk peringkat 10 besar. karena itu juga teman-teman pada iseng ngejadiin aku ketua kelas waktu kelas 3. yang bener aja...nama guru aja gak apal malah dijadiin ketua kelas...bener-bener dah anak-anak ini 
tapi yaahhh karena dah voting terbanyak....terpaksa deh nerima. tau gak kelasku yang nama kerennya NIPPON 3A itu kelasnya penuh dengan murid nakal itu menurut versi guru-guru. bayangin dah tuh. tapi karena jadi ketua kelas juga aku jadi bisa lebih dekat ama guru-guru dan artinya lebih gampang donk nanya-nanya klo ada kesulitan.
disini pelajaran favoritku masih tetep math tapi karena dah fall in love ama bahasa inggris bener-bener terlihat dari nilaiku yang melejit di mata pelajaran ini. the best dah
SMUN I PANDAAN PASURUAN
nah lho..aku pindah kota lagi  kali ini ke kabupaten pasuruan tepatnya di pandaan. inget pandaan inget ama Aqua donk dan gunung-gunung disekitarnya.
sekarang aku full 3 tahun ampe lulus dan gak pindah lagi.
awal masuk sini tetep aja jadi anak baru karena gak ada teman SMPku yang masuk disini. cari teman baru lagi dah.
masa SMA emang masa yang paling rame ya.. aku ikutan banyak banget ekskul yang ditawarkan.
awalnya sih cuma masuk ekskul seni lukis abis gitu masuk lagi ke seni tari, PMR, philateli, tata krama,majalah sekolah [Kharisma], KIR, bahasa prancis, apa lagi ya .... pernah juga ikutan temen latihan basket dan voli tapi kok jadi sakit semua ya badanku jadinya batal masuk ekskul olah raga hehehe.. coba dulu ada ekskul wisata kuliner pasti aku ikutan hehehe..
karena kebanyakan ekskul yang diikutin jadinya pelajaranku agak keteteran...nilai jeblok tapi masih stabil dah...
pas liburan naek ke kelas 2 ikut acaranya pak kis, guru geografiku untuk kemping ke TN. Baluran Banyuwangi jawa timur jadi tambah suka ama alam.
pas kelas 2 pernah ditolak untuk ikut ulangan susulan akhirnya ada angka semar menghias raportku hehehe...
pas kelas 3 waktu mo ebtanas dikabari ama guru BK klo aku dah diterima kuliah di ITS...waahhh jadi males belajar buat ebtanas dan walhasil....danemku jeblok
POLITEKNIK PERKAPALAN NEGERI SURABAYA - ITS, SURABAYA JAWA TIMUR
awalnya daftar disini sih karena iseng karena bosen aja ngeliat jadwal ujian yang bejibun..pengennya sih gak usah repot-repot UMPTN lagi setelah pusink ama UAN akhirnya daftar lah PMDK di sini.........tak disangka keterima hehehehe.....
sempat gak diijinin ama mama karena dipikir bakalan ikut berlayar di kapal..setelah tau klo bakal jadi designer kapal barulah boleh daftar ulang
disini semakin menjadi dekat ama alam karena gabung ama NIKKAPALA, kelompok Pencinta Alam yang ada di kampus...jadi deh.. kuliah jadi agak kacau. tapi alhamdulillah bisa lulus tepat waktu dan dengan IPK yang memuaskan


nah selanjutnya aku  ngundang teman-teman untuk ikutan bercerita tentang sekolah kalian, caranya gampang
1. Tulisan boleh berjudul macam-macam. Kalau bisa dibuat semenarik mungkin, agar MP-ers yang lain mampir.
2. Disetting for everyone.
3. Tuliskan jenjang pendidikan mulai Pre-School, TK, SD, SMP, SMA, PT dan harapan ke depannya. 
4 Sertakan juga alamat singkat sekolah. Misalnya, jangan cuma ditulis SMA 4. SMA 4 kan banyak. SMA 4 mana? Jakarta? Atau di Manokwari? Jadi tolong ditulis alamat singkatnya, yaaah.
5. Tuliskan 10 MP-ers yang harus membuat postingan seperti ini.
6. Selain itu, untuk 10 MP-ers pengintip pertama juga berkewajiban untuk membuat postingan serupa.
7. Tuliskan aturan ini di postingan. Boleh di atas atau di bawah tulisan.
8. Harus dikerjakan dalam waktu maksimal 10 hari sejak dibaca postingan ini!
9. Share link PR nya di postingan ini (di komen)

Dan buat 10 MPers berikut, selamat...!!! Anda beruntung mendapatkan kesempatan yang sama untuk menuliskan riwayat pendidikan anda mulai pre school sampai Perguruan tinggi...
1. Njel [ceritain donk riwayat sekolahmu]
2. erpin [pin..pin.. PR nih buatmu :)
3. saman [ dulurku ceritakanlah kisahmu..]
4. duhhh...aku dah ngantukk....besok lagi lanjut buat nyari penerima PR ini :)

4 comments:

Dee An said...

hahahahaha...... dikerjain juga akhirnya yaaaa...... sampek dibelani begadang rek.... thx deh....

oke ratna vienansyah said...

bìsa jadi satu novel tuh klo diceritain detail. . . apa daya bukan insomania jadiny cm segitu deh . . .

erfin . said...

waduh.. baru buka blogmu ke....
Masa sekolahku...waduh... kcauu...kacauu ... balauuuuuuuuuuu

erfin . said...

waduh.. baru buka blogmu ke....
Masa sekolahku...waduh... kcauu...kacauu ... balauuuuuuuuuuu, yang laen aja dechhh PLISSSSS